cover
Contact Name
Rizky Abdulah
Contact Email
r.abdulah@unpad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
editorial@ijcp.or.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Farmasi Klinik Indonesia
ISSN : 23375701     EISSN : 2337 5701     DOI : -
Core Subject :
Indonesian Journal of Clinical Pharmacy (IJCP) is a scientific publication on all aspect of clinical pharmacy. It published 4 times a year by Clinical Pharmacy Master Program Universitas Padjadjaran to provide a forum for clinicians, pharmacists, and other healthcare professionals to share best practice, encouraging networking and a more collaborative approach in patient care. Indonesian Journal of Clinical Pharmacy is intended to feature quality research articles in clinical pharmacy to become scientific guide in fields related to clinical pharmacy. It is a peer-reviewed journal and publishes original research articles, review articles, case reports, commentaries, and brief research communications on all aspects of Clinical Pharmacy. It is also a media for publicizing meetings and news relating to advances in Clinical Pharmacy in the regions.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2013)" : 10 Documents clear
Kajian Perilaku Swamedikasi Penderita Tukak Peptik yang Mengunjungi Apotek di Kota Pontianak Untari, Eka K.; Nurbaeti, Siti N.; Nansy, Esy
Indonesian Journal of Clinical Pharmacy Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Indonesian Journal of Clinical Pharmacy

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.046 KB)

Abstract

Praktek swamedikasi saat ini semakin sering dianggap sebagai bagian dari perawatan sendiri. Tukak peptik merupakan salah satu keluhan minor yang dapat diatasi dengan swamedikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan prevalensi, perilaku, dan kesesuaian praktek swamedikasi pada tukak peptik atau gejala yang berkaitan. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang mengunjungi Apotek di Kotamadya Pontianak (Kalimantan Barat). Penelitian ini merupakan survei potong lintang yangmenggunakan kuesioner dengan menyertakan 98 orang dewasa yang melakukan swamedikasi pada tukak peptik atau keluhan yang berkaitan. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 67,3% praktek swamedikasi pada tukak peptik telah tepat, 66,3% subjek menggunakan golongan antasida untuk mengatasi keluhannya, 6,1% subjek masih menggunakan antibiotik,dan hanya 27,6% mendapatkan informasi yang memuaskan mengenai Obat Tanpa Resep (OTR). Praktek swamedikasi pada tukak peptik sering dilakukan, tetapi beberapa praktek dapat menjadi berbahaya, sehingga terdapat kebutuhan untuk memastikan praktek swamedikasi yang aman.Kata kunci: Perilaku, tukak peptik, Pontianak, prevalensi, swamedikasiBehavioral Studies Peptic Ulcer Patients Self-Medication by Visiting Pharmacy in PontianakSelf-medication practices is now considered as a component of self-care. Gastric ulcer is one of minor symptom that can be treated by self-medication. The aim of this study was to determine the prevalence, behavior, and appropriateness of self-medication practice for gastric ulcer or its related symptom amongst population. The population of this study attended community pharmacies in Pontianak of WestBorneo province. This study was a cross sectional survey involving 98 adults who did self-medication on peptic ulcer or its related symptom. This study was conducted in 2010. The result of showed that 67.3% of gastric ulcer self-medication practice was appropriate; 66.3% subject used antacida class to treat the symptom; 6.1% participant however, still used antibiotic; and only 27% subject satisfied with the information given during self-medication process. Although self-medication practice for gastric ulcerwas often done, some practice might be harmful. Thus, there is a need to educate the community toensure its safe practices.Key words: Behavior, gastric ulcer, Pontianak, prevalence, self-medication
Persepsi dan Harapan Konsumen Apotek terhadap Apoteker Farmasi Komunitas Hutami, Sekar T.; Rokhman, Muhammad R.
Indonesian Journal of Clinical Pharmacy Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Indonesian Journal of Clinical Pharmacy

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.812 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi sekaligus harapan konsumen apotek terhadap apoteker farmasi komunitas di wilayah kota Yogyakarta. Penelitian termasuk penelitian deskriptif noneksperimental. Seratus responden diambil dari lima apotek dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Data didapat dengan survei langsung menggunakan alat bantu kuesioner dan dianalisa dengan analisis statistik deskriptif menggunakan statistik frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan, hanya 62%responden yang mampu membedakan apoteker de-ngan petugas lain di apotek dan 75% responden mengetahuiadanya layanan konsultasi obat oleh apoteker. Persepsi responden pada peran apoteker sebagaisumber informasi obat masih berada di bawah dokter (nilai gap -0,27) dan responden menempatkan apoteker pada peringkat 2 profesi kesehatan yang paling dipercaya setelah dokter. Harapan responden akan pengembangan layanan apoteker paling tinggi pada kemudahan dihubungi di luar jam kerja (80%) dan apoteker diharapkan melakukan pemantauan terapi (73,25%), sedangkan harapan responden akan pengembangan layanan apotek adalah buka 24 jam (87,25%) dan kelengkapan obat (92,25%). Meskipun konsumen belum menempatkan apoteker sebagai sumber informasi obat yang paling utama, namun terdapat kelompok konsumen yang sudah mulai memahami peran apoteker sebagai sumber informasi obat.Kata kunci: Persepsi, harapan, apoteker, konsumen Consumer Perception and Expectation of Community PharmacistThe aims of the study are to determine consumer perception and expectation of community pharmacist in Yogyakarta. This research was a non-experimental descriptive study.One hundred respondentswere taken from five pharmacies with purposive sampling technique. Data were collected by  urveyusing a questionnaire and were analysed with descriptive statistical analysis using frequency statistics. The results showed that 62% of respondents were able to distinguish pharmacists with other staffs in the pharmacy and 75% of respondents understood that they could consult with pharmacist about medicationsthat they were taking. Respondents received drug information less from community pharmacist than from physician (-0.27) and placed pharmacists at the second place in the ranking of the most reliable health provider after physician. The highest respondent expectation of pharmacist service developmentswere willingness to be contacted outside office hours (80.00%) and monitoring drug therapy (73.25%). In pharmacy services development, respondents expected two important services which are 24 hours pharmacy services (87.25%) and completeness of offered drug (92.25%). Although consumers have not already put pharmacists as the first drug information provider, but the consumers have begun to understand the role of pharmacist as drug information source.Key words: Perception, expectation, pharmacist, consumer
Diabetes Support Groups Improve Patient’s Compliance and Control Blood Glucose Levels Izzah, Zamrotul; Suprapti, Budi; Aryani, Toetik; Budiatin, Aniek S.; Rahmadi, Mahardian; Hapsari, Pharmasinta P.; Ramadiani, Fathia; Shinta, Dewi W.; Andarsari, Mareta R.
Indonesian Journal of Clinical Pharmacy Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Indonesian Journal of Clinical Pharmacy

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.142 KB)

Abstract

Providing information is not enough to improve diabetic patient’s compliance and achieve goals of therapy. Patient’s good awareness as well as emotional and social supports from family and community may play an important role to improve their compliance and clinical outcomes. Therefore, diabetes support groups were developed and each support group consisted of two pharmacists, two nurses, diabeticpatients and their family members. A total of 70 type 2 diabetic patient’s were enrolled and randomized into support group 1 and support group 2. Patients in the group 1 received information leaflets only, while patients in the group 2 received pharmacist counselling and information leaflets at each meeting. Patient’s awareness of diabetes and compliance with medications were assessed by a short questionnaire at baseline and final follow-up. Blood glucose and cholesterol levels were also evaluated in both groups.At the end of study, the overall patient’s awareness and compliance improved by 61.5%. The random and fasting blood glucose levels decreased over than 30% in the group 2 and around 14% in the group 1. This study reveals that collaboration between health care professionals and community in the diabetes support group might help diabetic patients to increase their knowledge and compliance with the diabetes therapy as well as glycaemic control.Key words: Diabetes, group awareness program, pharmacist, patient counselling Kelompok Dukungan terhadap Diabetes Meningkatkan Kepatuhan dan Kontrol Kadar Glukosa Darah PasienMenyediakan informasi tidak cukup untuk meningkatkan kepatuhan pasien diabetes dan mencapai tujuan terapi. Kesadaran pasien serta dukungan emosional dan sosial dari keluarga dan masyarakat dapat memainkan peran penting untuk meningkatkan kepatuhan dan hasil klinis. Oleh karena itu, kelompok pendukung diabetes dikembangkan dan masing-masing kelompok pendukung terdiri atas dua apoteker, dua perawat, pasien diabetes dan anggota keluarga mereka. Sebanyak 70 pasien diabetes tipe 2 yang terdaftar dan acak ke dalam kelompok dukungan 1 dan kelompok dukungan 2. Pasien dalam kelompok 1 menerima selebaran informasi saja, sedangkan pasien di kelompok 2 menerima konseling dari apoteker dan informasi diabetes pada setiap pertemuan. Kesadaran Pasien diabetes dan kepatuhan dengan obat dinilai oleh kuesioner singkat pada awal dan akhir. Kadar glukosa darah dan koleste-rol juga dievaluasipada kedua kelompok. Pada akhir penelitian, kesadaran dan kepatuhan pasien secara keseluruhan meningkat 61,5%. Kadar glukosa darah acak dan puasa menunjukkan penurunan 30% pada kelompok 2 dansekitar 14 % pada kelompok 1. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kolaborasi antara profesional perawatan kesehatan dan masyarakat dalam kelompok pendukung diabetes dapat membantu pasien diabetesuntuk meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan mereka dengan terapi diabetes serta kontrol glikemik. Kata kunci: Diabetes, program penyadaran kelompok, apoteker, konseling pasien
Peningkatan Pelayanan Informasi Obat bagi Pasien Diabetes Melitus Hartayu, Titien S.; Widayati, Aris; Wijoyo, Yosef
Indonesian Journal of Clinical Pharmacy Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Indonesian Journal of Clinical Pharmacy

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.27 KB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan KIE melalui eksplorasi pandangan pasien DM terkait kebutuhan mendasar tentang informasi obat untuk penyakit DM dan pandangan apoteker terhadap peran dan tanggung jawabnya dalam layanan KIE bagi pasien DM.Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Yogyakarta dengan responden pasien DM yang pernah menebus resep di apotek dan Apoteker Pengelola Apotek (APA) atau Apoteker pendamping(Aping). Pemilihan responden dilakukan dengan teknik non-random convenience. Data diambil dengan teknik wawancara mendalam terhadap responden yang memenuhi kriteria inklusi dan bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini. Data kualitatif hasil wawancara dianalisis secara content-analysis. Wawancara dilakukan terhadap 17 pasien DM dan 7 Apoteker. Hasil wawancara terhadap pasien DM menunjukkan bahwa layanan KIE dari apotek selama ini belum optimal dan masih banyak informasi yang sebetulnya dibutuhkan dan diharapkanbelumdiperoleh. Dari pihak Apoteker, menyatakan bahwa belum optimalnya pelaksanaan KIE bagi pasien DM disebabkan oleh beban tugas pada aspek menejerial apotek dan kurangnya akses sumber informasi terkait DM untuk mendukung pelaksanaan layanan KIE.  Oleh karena itu, upaya peningkatan layanan KIE bagi pasien DM harus terus dilakukan.Kata kunci: Informasi obat, KIE, diabetes melitus, studi kualitatif Drug Information Service Improvement for Patients of Diabetes MellitusThe aim of the study is to explore the needs of patients regarding information about DMSM that will lead to improve patient’s knowledge, attitude and practice on DMSM and also to explore the view of pharmacists on their role and responsibility in providing patients information and education about DMSM. This is an observational study with a qualitative approach, which was conducted in Yogyakarta.People with DM and caregiver who purchased prescriptions in a pharmacy; and pharmacists who work in community pharmacy are involved in the study. They were selected using a non-random convenience sampling technique. Data were collected using in depth interviews and then were analysed using a content analysis technique. Seventeen DM patients and seven pharmacists were interviewed. The patients stated that DMSM information provided by pharmacist is not sufficient yet. They expected more indepthinformation regarding DMSM. Based on Pharmacist’s point of view, an overload of managerial works and lack of access on reliable sources of information of DMSM are seen as the main barriers to provide sufficient information and education on DMSM. In conclusion, efforts to improve quality ofinformation and education provision regarding DMSM for patients are urgently required.Key words: Information and education, KIE, diabetes mellitus, qualitative study
Analisis Potensi Interaksi Obat dan Manifestasi Klinik Resep Anak di Apotek Bandung Barliana, Melisa I.; Sari, Dika R.; Faturrahman, Muhammad
Indonesian Journal of Clinical Pharmacy Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Indonesian Journal of Clinical Pharmacy

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.534 KB)

Abstract

Potensi terjadinya interaksi obat atau drug-drug interaction (DDI) dalam suatu resep cukup tinggi di seluruh dunia termasuk Indonesia. Namun sampai saat ini data ilmiah mengenai interaksi obat di Indonesia masih sangat kurang. Oleh karena itu pada penelitian ini, kami telah melakukan survey di 2 apotek di Bandung terhadap resep anak yang diberikan oleh Dokter Spesialis Anak kemudian dilakukananalisa potensi interaksi obat yang terdapat dalam satu resep serta manifestasi kliniknya. Data yang diambil adalah resep pada bulan Oktober sampai Desember tahun 2011. Hasil analisis menunjukkan bahwa di Apotek A terdapat 33 resep (dari total 155 resep) yang memiliki potensi DDI atau sekitar 21,29% potensi DDI (2 resep memiliki potensi DDI kategori major, 23 resep kategori moderat, dan 8 resep kategori minor) sedangkan di Apotek B terdapat 6 resep (dari total 40 resep) atau 15% yang berpotensi DDI (4 resep kategori moderat dan 2 resep kategori minor). Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi DDI yang terjadi kurang dari 50% pada resep anak di kedua apotek. Namun hal ini harus mendapat perhatian karena DDI memang seharusnya tidak terjadi pada obat yang diberikan kepada pasien mengingat manifestasi klinik yang disebabkan karena DDI. Lebih dari itu, saat ini pelayanan farmasi klinik yang mengacu pada patient oriented daripada product oriented. Masih diperlukan studi lebih lanjut terhadap pemberian resep anak di apotek dengan skala yang lebih besar.Kata kunci: Resep, anak, interaksi obat Analysis of Potential Drug-Drug Interactions and Its Clinical Manifestation of Pediatric Prescription on 2 Pharmacies in BandungThe potential of Drug-Drug Interactions (DDI) in prescription have high incidence around the world, including Indonesia. However, scientific evidence regarding DDI in Indonesia is not available. Therefore, in this study we have conducted survey in 2 pharmacies in Bandung against pediatric prescription given by pediatrician. These prescriptions then analyzed the potential for DDI contained in the prescription and clinical manifestation. The analysis showed that in pharmacy A, there are 33 prescriptions (from a total of 155 prescriptions) that have potential DDI, or approximately 21.19% (2 prescriptions have the potential DDI major categories, 23 prescriptions categorized as moderate, and 8 prescriptions as minor).  In Pharmacy B, there are 6 prescriptions (from a total of 40 prescriptions) or 15% of potential DDI (4 prescriptions categorized as moderate and 2 prescriptions as minor). This result showed that potential DDI happened less than 50% in pediatric prescription from both pharmacies. However, this should getattention because DDI should not happen in a prescription considering its clinical manifestations caused by DDI. Moreover, current pharmaceutical care refers to patient oriented than product oriented. In addition, further study for the pediatric prescription on DDI incidence in large scale need to be investigated.Key words: Prescription, pediatric, DDI
Persepsi dan Harapan Konsumen Apotek terhadap Apoteker Farmasi Komunitas Sekar T. Hutami; Muhammad R. Rokhman
Indonesian Journal of Clinical Pharmacy Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.812 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi sekaligus harapan konsumen apotek terhadap apoteker farmasi komunitas di wilayah kota Yogyakarta. Penelitian termasuk penelitian deskriptif noneksperimental. Seratus responden diambil dari lima apotek dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Data didapat dengan survei langsung menggunakan alat bantu kuesioner dan dianalisa dengan analisis statistik deskriptif menggunakan statistik frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan, hanya 62%responden yang mampu membedakan apoteker de-ngan petugas lain di apotek dan 75% responden mengetahuiadanya layanan konsultasi obat oleh apoteker. Persepsi responden pada peran apoteker sebagaisumber informasi obat masih berada di bawah dokter (nilai gap -0,27) dan responden menempatkan apoteker pada peringkat 2 profesi kesehatan yang paling dipercaya setelah dokter. Harapan responden akan pengembangan layanan apoteker paling tinggi pada kemudahan dihubungi di luar jam kerja (80%) dan apoteker diharapkan melakukan pemantauan terapi (73,25%), sedangkan harapan responden akan pengembangan layanan apotek adalah buka 24 jam (87,25%) dan kelengkapan obat (92,25%). Meskipun konsumen belum menempatkan apoteker sebagai sumber informasi obat yang paling utama, namun terdapat kelompok konsumen yang sudah mulai memahami peran apoteker sebagai sumber informasi obat.Kata kunci: Persepsi, harapan, apoteker, konsumen Consumer Perception and Expectation of Community PharmacistThe aims of the study are to determine consumer perception and expectation of community pharmacist in Yogyakarta. This research was a non-experimental descriptive study.One hundred respondentswere taken from five pharmacies with purposive sampling technique. Data were collected by  urveyusing a questionnaire and were analysed with descriptive statistical analysis using frequency statistics. The results showed that 62% of respondents were able to distinguish pharmacists with other staffs in the pharmacy and 75% of respondents understood that they could consult with pharmacist about medicationsthat they were taking. Respondents received drug information less from community pharmacist than from physician (-0.27) and placed pharmacists at the second place in the ranking of the most reliable health provider after physician. The highest respondent expectation of pharmacist service developmentswere willingness to be contacted outside office hours (80.00%) and monitoring drug therapy (73.25%). In pharmacy services development, respondents expected two important services which are 24 hours pharmacy services (87.25%) and completeness of offered drug (92.25%). Although consumers have not already put pharmacists as the first drug information provider, but the consumers have begun to understand the role of pharmacist as drug information source.Key words: Perception, expectation, pharmacist, consumer
Diabetes Support Groups Improve Patient’s Compliance and Control Blood Glucose Levels Zamrotul Izzah; Budi Suprapti; Toetik Aryani; Aniek S. Budiatin; Mahardian Rahmadi; Pharmasinta P. Hapsari; Fathia Ramadiani; Dewi W. Shinta; Mareta R. Andarsari
Indonesian Journal of Clinical Pharmacy Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.142 KB)

Abstract

Providing information is not enough to improve diabetic patient’s compliance and achieve goals of therapy. Patient’s good awareness as well as emotional and social supports from family and community may play an important role to improve their compliance and clinical outcomes. Therefore, diabetes support groups were developed and each support group consisted of two pharmacists, two nurses, diabeticpatients and their family members. A total of 70 type 2 diabetic patient’s were enrolled and randomized into support group 1 and support group 2. Patients in the group 1 received information leaflets only, while patients in the group 2 received pharmacist counselling and information leaflets at each meeting. Patient’s awareness of diabetes and compliance with medications were assessed by a short questionnaire at baseline and final follow-up. Blood glucose and cholesterol levels were also evaluated in both groups.At the end of study, the overall patient’s awareness and compliance improved by 61.5%. The random and fasting blood glucose levels decreased over than 30% in the group 2 and around 14% in the group 1. This study reveals that collaboration between health care professionals and community in the diabetes support group might help diabetic patients to increase their knowledge and compliance with the diabetes therapy as well as glycaemic control.Key words: Diabetes, group awareness program, pharmacist, patient counselling Kelompok Dukungan terhadap Diabetes Meningkatkan Kepatuhan dan Kontrol Kadar Glukosa Darah PasienMenyediakan informasi tidak cukup untuk meningkatkan kepatuhan pasien diabetes dan mencapai tujuan terapi. Kesadaran pasien serta dukungan emosional dan sosial dari keluarga dan masyarakat dapat memainkan peran penting untuk meningkatkan kepatuhan dan hasil klinis. Oleh karena itu, kelompok pendukung diabetes dikembangkan dan masing-masing kelompok pendukung terdiri atas dua apoteker, dua perawat, pasien diabetes dan anggota keluarga mereka. Sebanyak 70 pasien diabetes tipe 2 yang terdaftar dan acak ke dalam kelompok dukungan 1 dan kelompok dukungan 2. Pasien dalam kelompok 1 menerima selebaran informasi saja, sedangkan pasien di kelompok 2 menerima konseling dari apoteker dan informasi diabetes pada setiap pertemuan. Kesadaran Pasien diabetes dan kepatuhan dengan obat dinilai oleh kuesioner singkat pada awal dan akhir. Kadar glukosa darah dan koleste-rol juga dievaluasipada kedua kelompok. Pada akhir penelitian, kesadaran dan kepatuhan pasien secara keseluruhan meningkat 61,5%. Kadar glukosa darah acak dan puasa menunjukkan penurunan 30% pada kelompok 2 dansekitar 14 % pada kelompok 1. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kolaborasi antara profesional perawatan kesehatan dan masyarakat dalam kelompok pendukung diabetes dapat membantu pasien diabetesuntuk meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan mereka dengan terapi diabetes serta kontrol glikemik. Kata kunci: Diabetes, program penyadaran kelompok, apoteker, konseling pasien
Peningkatan Pelayanan Informasi Obat bagi Pasien Diabetes Melitus Titien S. Hartayu; Aris Widayati; Yosef Wijoyo
Indonesian Journal of Clinical Pharmacy Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.27 KB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan KIE melalui eksplorasi pandangan pasien DM terkait kebutuhan mendasar tentang informasi obat untuk penyakit DM dan pandangan apoteker terhadap peran dan tanggung jawabnya dalam layanan KIE bagi pasien DM.Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Yogyakarta dengan responden pasien DM yang pernah menebus resep di apotek dan Apoteker Pengelola Apotek (APA) atau Apoteker pendamping(Aping). Pemilihan responden dilakukan dengan teknik non-random convenience. Data diambil dengan teknik wawancara mendalam terhadap responden yang memenuhi kriteria inklusi dan bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini. Data kualitatif hasil wawancara dianalisis secara content-analysis. Wawancara dilakukan terhadap 17 pasien DM dan 7 Apoteker. Hasil wawancara terhadap pasien DM menunjukkan bahwa layanan KIE dari apotek selama ini belum optimal dan masih banyak informasi yang sebetulnya dibutuhkan dan diharapkanbelumdiperoleh. Dari pihak Apoteker, menyatakan bahwa belum optimalnya pelaksanaan KIE bagi pasien DM disebabkan oleh beban tugas pada aspek menejerial apotek dan kurangnya akses sumber informasi terkait DM untuk mendukung pelaksanaan layanan KIE.  Oleh karena itu, upaya peningkatan layanan KIE bagi pasien DM harus terus dilakukan.Kata kunci: Informasi obat, KIE, diabetes melitus, studi kualitatif Drug Information Service Improvement for Patients of Diabetes MellitusThe aim of the study is to explore the needs of patients regarding information about DMSM that will lead to improve patient’s knowledge, attitude and practice on DMSM and also to explore the view of pharmacists on their role and responsibility in providing patients information and education about DMSM. This is an observational study with a qualitative approach, which was conducted in Yogyakarta.People with DM and caregiver who purchased prescriptions in a pharmacy; and pharmacists who work in community pharmacy are involved in the study. They were selected using a non-random convenience sampling technique. Data were collected using in depth interviews and then were analysed using a content analysis technique. Seventeen DM patients and seven pharmacists were interviewed. The patients stated that DMSM information provided by pharmacist is not sufficient yet. They expected more indepthinformation regarding DMSM. Based on Pharmacist’s point of view, an overload of managerial works and lack of access on reliable sources of information of DMSM are seen as the main barriers to provide sufficient information and education on DMSM. In conclusion, efforts to improve quality ofinformation and education provision regarding DMSM for patients are urgently required.Key words: Information and education, KIE, diabetes mellitus, qualitative study
Analisis Potensi Interaksi Obat dan Manifestasi Klinik Resep Anak di Apotek Bandung Melisa I. Barliana; Dika R. Sari; Muhammad Faturrahman
Indonesian Journal of Clinical Pharmacy Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.534 KB)

Abstract

Potensi terjadinya interaksi obat atau drug-drug interaction (DDI) dalam suatu resep cukup tinggi di seluruh dunia termasuk Indonesia. Namun sampai saat ini data ilmiah mengenai interaksi obat di Indonesia masih sangat kurang. Oleh karena itu pada penelitian ini, kami telah melakukan survey di 2 apotek di Bandung terhadap resep anak yang diberikan oleh Dokter Spesialis Anak kemudian dilakukananalisa potensi interaksi obat yang terdapat dalam satu resep serta manifestasi kliniknya. Data yang diambil adalah resep pada bulan Oktober sampai Desember tahun 2011. Hasil analisis menunjukkan bahwa di Apotek A terdapat 33 resep (dari total 155 resep) yang memiliki potensi DDI atau sekitar 21,29% potensi DDI (2 resep memiliki potensi DDI kategori major, 23 resep kategori moderat, dan 8 resep kategori minor) sedangkan di Apotek B terdapat 6 resep (dari total 40 resep) atau 15% yang berpotensi DDI (4 resep kategori moderat dan 2 resep kategori minor). Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi DDI yang terjadi kurang dari 50% pada resep anak di kedua apotek. Namun hal ini harus mendapat perhatian karena DDI memang seharusnya tidak terjadi pada obat yang diberikan kepada pasien mengingat manifestasi klinik yang disebabkan karena DDI. Lebih dari itu, saat ini pelayanan farmasi klinik yang mengacu pada patient oriented daripada product oriented. Masih diperlukan studi lebih lanjut terhadap pemberian resep anak di apotek dengan skala yang lebih besar.Kata kunci: Resep, anak, interaksi obat Analysis of Potential Drug-Drug Interactions and Its Clinical Manifestation of Pediatric Prescription on 2 Pharmacies in BandungThe potential of Drug-Drug Interactions (DDI) in prescription have high incidence around the world, including Indonesia. However, scientific evidence regarding DDI in Indonesia is not available. Therefore, in this study we have conducted survey in 2 pharmacies in Bandung against pediatric prescription given by pediatrician. These prescriptions then analyzed the potential for DDI contained in the prescription and clinical manifestation. The analysis showed that in pharmacy A, there are 33 prescriptions (from a total of 155 prescriptions) that have potential DDI, or approximately 21.19% (2 prescriptions have the potential DDI major categories, 23 prescriptions categorized as moderate, and 8 prescriptions as minor).  In Pharmacy B, there are 6 prescriptions (from a total of 40 prescriptions) or 15% of potential DDI (4 prescriptions categorized as moderate and 2 prescriptions as minor). This result showed that potential DDI happened less than 50% in pediatric prescription from both pharmacies. However, this should getattention because DDI should not happen in a prescription considering its clinical manifestations caused by DDI. Moreover, current pharmaceutical care refers to patient oriented than product oriented. In addition, further study for the pediatric prescription on DDI incidence in large scale need to be investigated.Key words: Prescription, pediatric, DDI
Kajian Perilaku Swamedikasi Penderita Tukak Peptik yang Mengunjungi Apotek di Kota Pontianak Eka K. Untari; Siti N. Nurbaeti; Esy Nansy
Indonesian Journal of Clinical Pharmacy Vol 2, No 3 (2013)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Praktek swamedikasi saat ini semakin sering dianggap sebagai bagian dari perawatan sendiri. Tukak peptik merupakan salah satu keluhan minor yang dapat diatasi dengan swamedikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan prevalensi, perilaku, dan kesesuaian praktek swamedikasi pada tukak peptik atau gejala yang berkaitan. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang mengunjungi Apotek di Kotamadya Pontianak (Kalimantan Barat). Penelitian ini merupakan survei potong lintang yangmenggunakan kuesioner dengan menyertakan 98 orang dewasa yang melakukan swamedikasi pada tukak peptik atau keluhan yang berkaitan. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 67,3% praktek swamedikasi pada tukak peptik telah tepat, 66,3% subjek menggunakan golongan antasida untuk mengatasi keluhannya, 6,1% subjek masih menggunakan antibiotik,dan hanya 27,6% mendapatkan informasi yang memuaskan mengenai Obat Tanpa Resep (OTR). Praktek swamedikasi pada tukak peptik sering dilakukan, tetapi beberapa praktek dapat menjadi berbahaya, sehingga terdapat kebutuhan untuk memastikan praktek swamedikasi yang aman.Kata kunci: Perilaku, tukak peptik, Pontianak, prevalensi, swamedikasiBehavioral Studies Peptic Ulcer Patients Self-Medication by Visiting Pharmacy in PontianakSelf-medication practices is now considered as a component of self-care. Gastric ulcer is one of minor symptom that can be treated by self-medication. The aim of this study was to determine the prevalence, behavior, and appropriateness of self-medication practice for gastric ulcer or its related symptom amongst population. The population of this study attended community pharmacies in Pontianak of WestBorneo province. This study was a cross sectional survey involving 98 adults who did self-medication on peptic ulcer or its related symptom. This study was conducted in 2010. The result of showed that 67.3% of gastric ulcer self-medication practice was appropriate; 66.3% subject used antacida class to treat the symptom; 6.1% participant however, still used antibiotic; and only 27% subject satisfied with the information given during self-medication process. Although self-medication practice for gastric ulcerwas often done, some practice might be harmful. Thus, there is a need to educate the community toensure its safe practices.Key words: Behavior, gastric ulcer, Pontianak, prevalence, self-medication

Page 1 of 1 | Total Record : 10